-->

8 Tips Membeli Template Untuk Blog



Saat Anda sudah meningkatkan komitmen untuk beraktivitas online lebih serius lagi melalui blog terkadang muncul keinginan untuk beli template blog premium.

Terlepas dari pilihan Anda apakah blogger atau wordpress setidaknya Anda akan membutuhkan pertimbangan sebelum beli template blog.

Dengan perkembangan teknologi sekarang ini ditambah persaingan, ada ratusan ribu template blog premium yang dijual dipasaran. Mana yang harus dipilih?
Untuk pertimbangan sebelum beli template blog premium setidaknya Anda dapat memastikan beberapa poin penting berikut:

  1. Desain responsive
  2. Ramah SEO dan Coding template yang baik
  3. Berfungsi di beragam browser
  4. Mudah disesuaikan
  5. Selalu update
  6. Bantuan teknis, tutorial dan dokumentasi yang mudah
  7. Desain menarik dengan pendekatan fungsional
  8. Harga yang cocok

Mari bahas satu persatu

Desain Responsive

Fitur ini menjadi rekomendasi teratas para master blogger dunia. Template blog premium seharusnya responsive. Jika tidak, untuk apa dibeli. Memiliki template blog yang tidak responsive ibarat memaksakan masuk seekor gajah kedalam mobil VW Bettle.

Selain pengguna gadget mobile yang terus meningkat, penilaian Google akan website mobile friendly menjadi pendorong kemunculan desain responsive ini.

Jadi sebelum membeli sebuah template, ujicobakan ke beberapa media yang berbeda untuk memastikan itu responsive. Butuh bantuan? Anda bisa cek ResponsiveDesignChecker.com dan apakah template optimal di hadapan pengguna gadget mobile dengan Google Mobile-Friendly Test

Ramah SEO dan Coding Template yang Baik

Jika Anda ingin memastikan website muncul di halaman awal Google pastikan templatenya ramah SEO. Semua hal pentingnya adalah coding, pengaturan dan plugins (untuk pengguna wordpress).
Untuk verifikasi template blog Anda bisa melakukannya secara online seperti:
 Periksalah apakah template blog pilihan Anda sesuai standar web development terkini.

Berfungsi Di Beragam Browser

Bayangkan sebuah website sebagai kota modern dan Anda walikotanya dengan tujuan utama menarik minat wisatawan sebanyak mungkin. Pasti Anda akan membuat kota itu mudah dikunjungi banyak orang apapun kendaraan mereka.

Pastikan sebelum beli template blog premium, template itu berfungsi baik di semua browser popular. Kadang website terlihat bagus di Google Chrome namun hancur didepan Firefox dan sebaliknya.
Untuk template wordpress bisa diperiksa kompatibilitasnya di http://browsershots.org

Mudah disesuaikan

Siapa yang mau menghabiskan jutaan untuk melakukan perubahan yang seharusnya mudah dilakukan? Tentu tidak ada. Sebuah template blog premium sudah lazim mudah disesuaikan melalui bagian dashboard blog itu.

Penyesuaian juga seharusnya mudah untuk penggantian logo, warna, ukuran font, menambah/mengurangi laman. Dashboard website Anda sudah selayaknya menjadi ruang kendali.

Selalu Update

Tentu saja hal ini sudah bukan barang baru. Sebuah template blog premium sudah seharusnya selalu update. Ini karena versi terbaru selalu memperbaiki kekurangan versi sebelumnya mulai dari bug fixes, fitur baru, sampai pembaharuan keamanan.

Menggunakan template yang tidak pernah diupdate selama 2 tahun ibarat mengendarai mobil bertenaga kedelai di jalan tol. Tidak hanya kurang nyaman tapi juga berbahaya.

Saat Anda memutuskan beli template blog premium, pastikan fitur “selalu update” tercantum dalam halaman penjualannya.

Bantuan teknis, tutorial dan dokumentasi yang mudah

Setiap penjual template blog premium harus menyediakan dokumentasi yang memadai akan petunjuk instalasi dan penyesuaiannya. Jika ada video tutorial itu lebih baik.

Desain menarik dengan pendekatan fungsional

Mencari yang terbaik diantara template blog yang berkaitan dengan tema bisnis ibarat pedang bermata dua. Tentu ada banyak keuntungan dengan pendekatan itu. Misalkan untuk website jasa bisnis yang serius bisa menggunakan kombinasi warna biru, putih dan abu untuk menggambarkan kepercayaan.

Disaat bersamaan, jika Anda membuat website penitipan anak, warna tadi tidak sesuai. Selain desain template, Anda mungkin perlu mempertimbangkan fungsionalitasnya. Misalkan ada fitur daftar dan pencarian untuk website property, hotel booking atau galleri lukisan.

Jika template blog premium Anda sudah dilengkapi gambar, biasanya sudah dilengkapi beberapa gambar relevan. Bagus dan aman untuk Anda. Dengan begitu, Anda menghemat uang dan waktu memasukan gambar-gambar yang sesuai.

Di sisi lain, mencari hanya di satu kategori, Anda bisa melewatkan template blog premium dengan desain yang luar biasa. Anda menemukan template blog premium yang disuka namun tidak relevan dengan niche bisnis? Berpikirlah “out of the box”. Hal ini bisa menjadi pembeda dengan pesaing lainnya.

Cerdaslah dalam memilih. Jika Anda butuh template dengan fungsi khusus maka pilihlah template yang relevan dengan niche bisnis Anda. Jika Anda bebas dari fungsi template, lihatlah desainnya.

Harga

Saat Anda sudah semakin yakin untuk beli template blog premium, dan sudah menemukan calon template yang akan dibeli Anda mungkin belum waktunya juga menekan tombol “beli”.

Kini saatnya Anda melihat alternatif template blog premium yang ada. Setidaknya Anda akan mendapatkan 2 sampai 3 template blog premium alternatif dari satu penjual yang sama.

Jika sudah maka saatnya melaksanakan perbandingan harga. Sekalipun Anda sudah punya banyak uang, tetap tidak ada ruginya untuk berhemat.

Siapkah Anda Membeli Template Blog Premium ?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "8 Tips Membeli Template Untuk Blog"

  1. Hi! This is my first visit to your blog! We are a team of volunteers and new initiatives in the same niche. Blog gave us useful information to work. You have done an amazing job! Judi Online

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel