Anda Pengunjung Ke :

Menerapan Tag Nofollow Pada Template Blog



Penggunaan tag nofollow dianggap penting sebagai perintah kepada robot spider bahwa link yang diberi tag nofollow agar mengebaikan link tersebut.

Mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan MSN merayapi suatu situs secara berkala untuk mencari dan mengindeks halaman baru yang akan dimasukkan dalam halaman hasil pencarian berdasarkan kata kunci (keyword search result).

Setiap link pada halaman web akan diikuti (follow) selama proses pengideksan. Agar links yang ada di blog tidak terindeks mesin pencari, gunakanlah atribut NoFollow.

Penggunaan link dengan tag nofollow mengindikasikan search engine bahwa link tersebut bukan untuk di follow. Ketika sebuah link diberi tag nofollow, maka suatu situs atau link:

  • Tidak akan mengikuti/follow link ke situs baru
  • Tidak memasukkan link teks di dalam nilai relevansi untuk kata kunci
  • Tidak menghitung link ke skor popularitasnya di peringkat mesin pencari
Kadang ada beberapa link tidak berguna yang tertanam dalam blog kita. Hal ini sangat merugikan dan dapat menjadi duplikasi link yang berpengaruh buruk pada seo (tidak seo friendly).

Disamping itu beberapa link ganda dalam template hanya akan menimbulkan anggapan sebagai link spam dalam tubuh template atau blog itu sendiri. Artinya kita hanya menyimpan virus yang bisa merusak kesehatan blog. Sungguh sangat merugikan.

Oleh karena itu tag nofollow penting untuk digunakan pada template agar seo friendly dan menjaga keamanan blog dari google panda. Ingat, search engine tidak akan menghukum (penalty) situs atau blog jika pada halaman situs memiliki link nofollow.

Jangan berfikir bahwa memakai atribut nofollow adalah buruk, malah justru menguntungkan demi keamanan blog anda. Sekarang bagaimana penerapan atribut nofollow pada template blog? Sekarang mari kita bahas tentang penerapan tag nofollow pada template.

Ikuti langkah berikut. :

  • Log in ke blogger
  • Klik Template
  • Klik Edit HTML dan cari beberapa kode sesuai penjelasan di bawah. Gunakan CTRL + F lalu masukkan kode yang ingin dicari pada kolom pencarian dan tekan enter.

Untuk menghindari google panda
 
Google Panda pertama kali beroperasi pada Februari 2011, dan sudah beberapa kali update algoritma. Sistem sorot algoritma ditujukan untuk peternakan konten dan koleksi link.

Jika blog Anda berisi terlalu banyak konten yang tidak relevan dan kurang dari 300 kata, memiliki terlalu banyak kategori atau label pada blog atau website, maka anda dapat menjadi sasaran berikutnya dari update Google Panda.

Jadi berhati-hatilah dari kesalahan ini. Solusinya tambahkan tag nofollow pada label (link kategori). Semua link yang timbul di bawah atau di atas judul artikel dan pada sidebar tidak dibaca sebagai link.

Cari Kode berikut. :

<a expr:href='data:label.url' rel='tag'>
Kode ini ada beberapa pada template. Ganti semua kode tersebut. ganti dengan kode di bawah ini
<a expr:href='data:label.url' rel='tag,nofollow'>
Kemudian cari kode berikut :
<a expr:dir='data:blog.languageDirection' expr:href='data:label.url'><data:label.name/></a>
ganti dengan kode di bawah ini
<a expr:dir='data:blog.languageDirection' expr:href='data:label.url' rel='nofollow'><data:label.name/></a>
Untuk menghindari duplikasi link author dan menghindari spam pada komentar
 
Pastikan spam tidak dapat menyusup pada komentar, terutama jika menggunakan anonim pada posting komentar.  

Tag nofollow adalah solusi terbaik untuk memerintahkan robot mesin pencari memberi nilai nol pada link spam tersebut. Tahun ini Google banyak menghikum situs yang mempunyai terlalu banyak link, termasuk komentar dofollow. Dengan menambahkan tag nofollow akan melindungi blog link yang tidak relevan dan melindungi dari efek Google Panda.
Cari kode berikut :

<a expr:href='data:comment.authorUrl'>
Ganti dengan kode di bawah ini
<a expr:href='data:comment.authorUrl' rel='nofollow'>
Selanjutnya cari kode berikut :
<a class='comment-link'
Kode ini ada beberapa pada template. Tambahkan semua kode dengan tag nofollow seperti di bawah ini
<a class='comment-link' rel='nofollow'
Selanjutnya beri atribut rel='nofollow' pada beberapa link, seperti facebook dan twitter (semua sosial media). Dan Klik Simpan.

Demikian artikel Menerapan Tag Nofollow Pada Template Blog .
Semoga Bermanfaat .

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menerapan Tag Nofollow Pada Template Blog"

Post a Comment